Informasi Terkini

Situs Informasi Terkini

Mengenal dan belajar Seni tari jaipong khas jawa barat

Tari Jaipong didiciptakan thn 1960-an oleh Gugun Gumbira seniman bermula Bandung. Tujuannya merupakan membuat tipe musik dan gaya tari perbauran yg digali permulaan ketajiran seni kebiasaan masyarakat jawa barat. Tari jaipong dikembangkan tunduk kesenian orang yg telah ada pada awal mulanya. dia terinspirasi untuk kesenian warga negara yg salah satunya yaitu Ketuk Tilu menjadikannya kenal dan menyelami halal perbendaharan pola-pola gerak tari etika yg ada untuk Kliningan atau Bajidoran atau Ketuk Tilu. maka beliau bisa menerbangkan gaya tari atau kesenian yg saat ini di kenal dgn nama Jaipongan.

Gerak Tari Jaipong dibedakan beberapa sektor diantaranya :
1. kegiatan pembuka yg dinamakan semula Bukaan
2 . sektor awal gerakan-gerakan yg dinamakan Pencungan
3. Pemberhentian atau tutul dinamakan Ngala
4. Pindahan semenjak perubahan setelah ngala dinamakan Mincit

tari jaipong
Tari Jaipong sejak mulai dikenal luas sejak mulai 1970an yg bagi awalnya dinamakan Ketuk Tilu rangking sebab basic tari adalah pembentangan permulaan Ketuk Tilu dan kental dgn warna ibing ketuk tilu bermula segia koreografi ataupun musiknya. Lama kelamaan tari jaipong mempunyai singularitas tunggal solo. Tari jaipong yg perdana dikenal yakni tari Daun Pulus Keser Bojong dan Rendeng Bojong. Keduanya yaitu tipe tari yg dimainkan perempuan. Tari Jaipong menjelajahkan keceriaan, humoris, energi dan keserentakan maka tari Jaipong tidak sedikit dimainkan terhadap menyongsong petandang asing.

takaran kostum rata-rata memanfaatkan takaran longgar, bahkan guna sektor bawahnya sebab mesti disesuaikan bersama gerakan-gerakan yg trengginas dan dinamis.

Di sektor sirah umumnya mengutip sanggul yg dipercantik dgn hiasan seperti kedudukan dan tengah bunga maka memasang keanggunan dan keanggunan seputar penarinya.

bagi bidang pinggang rata rata masih di lengkapi bersama syal, yg mana syal ini serta digunakan yang merupakan accessories jenis tari maka bakal nampak lebih anggun.

sesungguhnya kostum yg diperlukan dalam satu buah tontonan tari jaipongan itu amat lah bermacam. biarpun terhadap dasarnya ada modifikasi ragam jarak jaipongan yg tradisional dan motif baru, tapi biasanya seluruh baju diperlukan yakni baju tradisional Sunda.

Berikut ini beberapa ciri-ciri tari jaipongan yg amat menonjol:

mempunyai aktivitas yg luwes dan seimbang dgn musiknya yg didominasi oleh hentakan nada kendang.
kepada gaya tari jaipong, aktivitas yg ditunjukkan lebih mengandalkan bagi keperkasaan dan kelenturan otot, maka senantiasa kelihatan energik dan penuh semangat.
tukang tari dalam tari jaipongan tak terbatas cuma buat wanita saja sebaliknya tengah sanggup dilakukan oleh cowok. terlebih tidak sedikit kembali yg mempresentasikan tari jaipongan dengan cara grup sintesis cowok dan wanita.
Jumlah penarinya rata rata bervariasi, ada yg dibawakan dgn 2 orang, 3 orang, atau malahan lebih asal sepuluh. factor yg dituntut dalam tari jaipongan dengan cara grup merupakan keselarasan kegiatan dgn irama musik dan tambah totalitas gerak yg solid dan dinamis.
asal sudut kostum, kostum setengah tukang tari jaipong memiliki personalitas warna yg jelas dan mencolok tapi teramat molek dan tepat dgn irama musiknya. rata rata warna-warnanya merupakan kuning emas, merah, biru terang.
mempunyai potret yg berkonsep untuk alam, contohnya representasi bunga atau daun dgn keindahan wujud dan variasinya.
wujud kostum memperturutkan lekuk badan semua penarinya maka menimbulkan tanggapan yg singkat fulgar, segmen, dan semula luar biasa. cuma saja untuk dasarnya aspek ini bermaksud buat mengharmoniskan musik, kegiatan, dan masih kostum.

 

Kostum atau baju yg diperlukan dalam tari jaipong ini kebanyakan memanfaatkan kebaya dgn aneka warna bestari dan bawahannya konkret tekstil jarit bersama corak batik.

 

 

Updated: May 26, 2018 — 9:41 am
Informasi Terkini © 2018 Kontak Disclaimer Frontier Theme