Informasi Terkini

Situs Informasi Terkini

Teknik Seni Ukir Untuk Pemula

Seni Ukir Relief 3D Asal Jepara di Tangerang

Satu diantara karya seni ciri khas indonesia yaitu seni ukir serta pahat, Alam yang kaya raya sudah berikan ide pada orang-orang yang memikirkan kreatif, seperti tercermin dari seni ukir yang lalu melahirkan bermacam type, bergantung pada kreatifitas serta daya dukung alam yang kaya. Spesial untuk seni ukir yang memiliki bahan basic kayu, makin bermacam lantaran di dukung oleh alam indonesia yang mempunyai rimba tropis hingga membuahkan kayu yang dapat digunakan jadi bahan basic untuk mengukir.

Tidak sama dengan seni ukir moderen, seni ukir yang tradisionil lahir tak saja jadi karya seni serta maksud untuk berkesenian, tetapi sangatlah terikat erat dengan beragam masalah yang tumbuh serta berkembang di orang-orang tradisionil. Dengan hal tersebut seni ukir tradisionil itu awal mulanya dapat lahir lantaran untuk persembahan pada leluhur sesuai sama keyakinan semasing.

Di Indonesia seni ukir telah ada mulai sejak zaman prasejarah, yakni pada zaman batu muda. Pada zaman ini manusia telah mengetahui perkakas untuk kepentingan rumah tangga dan benda-benda yang terbuat dari kayu serta gerabah. Dipandang dari macamnya, ukiran dibagi jadi : ukiran tembus, ukiran rendah, ukiran tinggi, serta ukiran utuh.

saat sebelum kita pelajari langkah atau tehnik mengukir terdapat banyak hal yang butuh kita kenali salah satunya yaitu seperti berikut.

 

Motif Ukir

Tiap-tiap daerah mempunyai keunikan motif ukiran. Penamaan ukiran umumnya berdasar pada tempat dari tempat mana motif ini merasal. Contohnya, motif Pajajaran, motif Mataram, motif Majapahit, motif Bali, motif Jepara, motif Madura, motif Dayak, motif Nias, motif Pekalongan, motif Cirebon, motif Yogyakarta serta motif Surakarta. Semasing motif mempunyai keunikan sendiri sebagai kemampuan serta kekayaan macam hias seni ukir nusantara.

Dari beragam jenis motif itu terdapat banyak yang mempunyai kesamaan, seperti motif relung, patran, ulir, benangan, cawen, pecahan, angkup, endong, simbar, trubusan, cula, sunggar, danjambul. Type ukiran itu mempunyai persamaan dalam memiliki bentuk tetapi selanjutnya mempunyai sentuhan sendiri hingga tetap harus dengan gampang bisa dibedakan.

 

Alat Ukir

Alat untuk mengukir yaitu pahatan, palu, batu asah, sikat. Untuk mengukir dengan memakai media batu, kayu, atau bambu mempunyai type pahatan yang tidak sama.

Di bawah ini yaitu beberapa jenis pahat ukir.
1. Pahat penyiku yakni pahat yang sisi ujung pahatnya melengkung sesuai sama fungsinya untuk memahat sebagian sisi yang melengkung. Bikin macam lingkaran, bulatan daun, bulatan bunga, segi muka manusia, memakai pahat penyiku itu.
2. Pahat penyilat, yakni pahat yang memiliki bentuk lurus sesuai sama fungsinya untuk mengukir sebagian sisi yang lurus. Pada seni ukir yang datang dari suku Asmat umumnya memakai pahat penyilat, hingga macam pahatannya lurus serta tegak.
3. Pahat kol, yakni type pahat lengkung yang sisi ujungnya untuk bikin bentuk cekungan. Bikin cekungan mesti memakai pahatan itu, tak dapat dengan pahatan lainnya. Menyebabkan dampak dua dimensi yaitu dengan memakai pahat kol itu. Dengan hal tersebut pada permukaan datar bakal didapat dalaman-kedalaman spesifik sesuai sama benda atau barang sebagai sumber ide pahatan yang ada di alam yang memiliki bentuk tiga dimensi.
4. Pahat pongot, pahat yang memiliki bentuk menyudut ke arah kiri atau kanan, berperan untuk bersihkan sudut-dudut pada ukiran. Kehalusan hasil akhir ukiran sangatlah bergantung pada ketrampilan pengukir atau pemahat memakai pahat pongot itu.

Beberapa tehnik yang dipakai untuk mengukir kayu dari beragam pemotongan untuk memahat. Tersebut disini sebagian tehnik paling mudah serta paling efisien untuk menolong Anda bikin ukiran kayu.

 

Carving

Yaitu seni chipping serta memotong di bagian datar dari kayu untuk bikin ukiran supaya nampaknya jadi tiga dimensi. Tehnik itu umumnya dikerjakan dengan memakai alat bantu seperti pahat serta palu, pisau ukir walau kerap dipakai untuk memperjelas detil. Dalam ukiran relief, pengrajin pahat kayu bikin lukis terlebih dulu kemudia mulai mengukir kayu sampai terlihat sisi yang muncul seperti relief.

 

Chip Carving

Tehnik ukiran Chip umumnya dipakai pada potongan-potongan yang semakin besar dari pekerjaan seperti tunggul pohon atau kayu, serta memakai kapak serta pahat yang semakin besar. Tehnik itu untuk bikin karya yang besar seperti patung, serta itu melibatkan sistem yang rumit.

 

Pembakaran kayu

Pembakaran kayu yaitu tehnik lebih utama dipakai untuk meningkatkan design untuk finishhing kayu, namun sebagian pemahat betul-betul memakai cara pembakaran untuk mengukir kayu kecil. Kayu yang dibakar bakal menghitam di seputar ukiran akhir serta memperjelas kesan-kesan hingga tapak lebih hidup.

 

Mengerik

Mengerik yaitu satu diantara langkah tertua serta paling simpel dalam tehnik memahat kayu. Tehnik itu melibatkan tak kian lebih sepotong kayu serta pisau ukir. Berlatih seni itu nyatanya cukup rumit meskipun nampaknya sangatlah gampang, untuk pemula untuk bikin ukiran dari tehnik itu bisa memakan waktu 1/2 jam. Dalam banyak masalah, pemahat kayu yang telah trampil bisa memakai pisau dengan ukuran paling kecil untuk memperjelas detil dari ukirannya.

Updated: June 25, 2018 — 2:39 am
Informasi Terkini © 2018 Kontak Disclaimer Frontier Theme