Informasi Terkini

Situs Informasi Terkini

Alat Berat Sekarang di bekali Teknologi AI Seperti Truck dan Genset

Alat Berat Sekarang di bekali Teknologi AI Seperti Truck dan Genset

Komatsu Ltd (Presi- dent dan CEO: Tetsuji Ohashi) dan NVIDIA Corporation (CEO: Jensen Huang) bermitra untuk meningkatkan keselamatan dan produktivitas operasi-operasi jobsite konstruksi dengan memperkenalkan AI. Kerja sama itu diumumkan Huang saat membawakan pidatonya dalam acara GTC Japan, GPU Technology Conference yang disponsori NVIDIA yang diselenggarakan di Tokyo, Rabu (13/12/2017). Industri konstruksi Jepang sedang menghadapi tantangan serius karena kekurangan tenaga kerja, yang terutama disebabkan karena usia para pekerja yang makin tua dan kurangnya tenaga kerja yang terampil. Dari 3,4 juta pekerja (per tahun 2014), diperkirakan sekitar 1,1 miliar pekerja terampil, atau sepertiganya, kemungkinan besar akan meninggalkan industri ini dalam dekade berikutnya. (Ini estimasi Komatsu berdasarkan “Long-term Vision: For Rebirth and Evolution” dari Japan Federation of Construction Contractors, yang diumumkan Maret 2015) Merespon tantangan ini, Komatsu sudah merintis bisnis SMARTCONSTRUCTION sejak tahun 2015 yang mengkoneksikan informasiinformasi terkait kepada para pekerja di jobsite dan obyekobyek yang ada di lokasi, seperti mesin-mesin konstruksi, melalui ICT, dengan demikian meningkatkan safety para pekerja dan asset-aset serta mendongkrak produktivitas jobsite. Komatsu sudah menyebarkan bisnis SMARTCONSTRUCTION ini di lebih dari 4.000 tempat konstruksi di Jepang. Penerapan teknologi AI atau biasa kita kenal dengan otonom biasa di terapkan di penggunaan truk yang bisa menyetir otomatis, kemudian genset yang secara otomatis aktif ketika di butuhkan. dan lain lain.

Baca Juga : Jual Genset Jakarta 

 

Pabrikan ini sedang merencanakan untuk memperkenalkan bisnis ini ke berbagai belahan dunia pada masa mendatang. Komatsu akan segera memperkenalkan NVIDIA GPU ke berbagai SMARTCONSTRUCTION jobsite. GPU akan berkomunikasi dengan drone-drone dari Skycatch, Inc., mitra Komatsu, yang akan mengumpulkan gambargambar tiga dimensi (3D images), yang akan menghasilkan data lapangan (daerah) dan “memvisualisasikan” kondisi site. Bekerja sama dengan NVIDIA, OPTiM Corp., mitra Komatsu lainnya dan perusahaan IoT-management software, akan menyediakan suatu aplikasi untuk mengkorelasikan data lapangan dengan para pekerja serta mesin-mesin konstruksi yang ada di jobsite untuk visualisasi. Inti dari kolaborasi ini adalah platform NVIDIA® Jetson™AI untuk melakukan komputasi. Ketika Jetson, yang bekerja sama dengan teknologi cloud NVIDIA, dipasang pada mesin-mesin konstruksi, teknologi ini akan dapat menyajikan gambargambar 360 derajad, yang memungkinkan para pekerja mengetahui dengan cepat kehadiran mesin-mesin di sekitarnya, dengan demikian mencegah benturan atau tabrakan yang berakibat fatal.

 

Jetson akan digunakan bersama dengan kamera-kameran stereo yang terpasang di dalam kabin alat, akan mengenal kondisi-kondisi jobsite yang selalu berubah secara real-time, guna memberikan instruksi-instruksi yang tepat kepada operator-operator mesin. Ke depan, rencananya, teknologi ini dikembangkan tidak hanya untuk kontrol alat secara otomatis, melainkan juga untuk menyajikan (gambar-gambar) resolusi tinggi dan simulasi virtual operasi-operasi jobsite konstruksi dan quarry. Dengan menggunakan teknologi-teknologi NVIDIA dan keahlian dalam memproses gambar, simulasi virtual dan AI, Komatsu akan terus mendorong bisnis SMARTCONSTRUCTION dan mempercepat laju pencapaian “jobsite konstruksi masa depan.”

Updated: July 7, 2018 — 5:44 am
Informasi Terkini © 2018 Kontak Disclaimer Frontier Theme