Informasi Terkini

Situs Informasi Terkini

Apa yang Spesial Tentang Mona Lisa? Kisah Nyata di Balik Lukisan Terkenal DA VINCI

Apa yang Spesial Tentang Mona Lisa

Ketika saudara perempuan saya baru-baru ini pulang dari perjalanan ke Paris, dia tampak terkesan dengan semua yang telah dilihatnya – kecuali untuk Mona Lisa .

Salah satu karya seni yang paling diakui di dunia, reproduksi dari itu biasanya datang dalam cetakan ukuran poster sementara yang asli, tergantung di belakang kaca tebal, kaca anti peluru dan dijaga oleh tali beludru adalah miniatur dalam perbandingan. 

Dia berkomentar bahwa di sebuah museum yang penuh dengan karya seni berukuran besar, mengapa dia harus peduli tentang sesuatu yang sangat kecil sehingga dia bahkan tidak bisa mendekati?

Ini adalah pertanyaan yang sangat bagus dan yang saya yakin BANYAK pengunjung ke Louvre akhirnya bertanya.

Apa yang istimewa tentang Mona Lisa?

Era Renaisans yang Leonardo da Vinci hidupi adalah masa perlindungan seni, dan seniman biasanya hanya melukis karya-karya epik atas permintaan pelindung yang kaya (pada dasarnya seseorang yang meminta jenis lukisan tertentu dan kemudian membayarnya).

Pembina menghargai seniman-seniman ini dan biasanya memberikan komisi murah hati, tetapi ini berarti bahwa seniman itu memiliki sedikit kebebasan dalam apa yang mereka ciptakan. Sebagian besar karya dari periode ini bersifat alkitabiah atau klasik dan para patron sendiri hanya dicat jika mereka ditambahkan ke dalam adegan. Kecuali Anda seorang paus, seorang Medici (keluarga berpengaruh di Florence) atau seseorang yang sama-sama kaya, hanya ada sedikit kesempatan untuk menjadi lukisan yang hanya dilakukan oleh Anda. 

Dan kemudian ada Mona.

Dia dilukis tanpa jahitan perhiasan (tidak pernah terdengar bagi wanita zaman itu) – bahkan bukan cincin kawin – dan penampilannya kontemporer, bukan dari referensi klasik atau alkitabiah. Wanita, pada saat itu, dilukis untuk terlihat sopan dan tidak akan langsung menatap penonton. Mona tidak hanya menatapmu tetapi melakukannya dengan senyum di wajahnya. Hampir seperti dia menantang mereka yang berani menatapnya. 

Bagi seseorang seperti da Vinci, pelukis dari karya-karya alkitabiah yang dihormati seperti The Last Supper , ini adalah penyimpangan besar dari norma.

Untuk membuatnya lebih misterius, identitas asli wanita itu tidak diketahui. Ada spekulasi bahwa ia adalah Lisa Gherardini del Giocondo, istri seorang saudagar Florentine yang kaya raya, tetapi tidak ada bukti langsung mengenai hal ini. Banyak yang menduga bahwa para wanita dan artis terlibat dalam semacam perselingkuhan, tetapi untuk semua yang kita tahu, wanita dalam lukisan ini adalah pembantu rumah tangganya.

Sesuatu tentang dirinya atau lukisan itu pasti telah menggerakkan dirinya, namun, karena begitu selesai, ia menyimpannya selama sisa hidupnya. 

Jadi, mengapa Anda harus peduli?

Bukan hanya lukisan itu sendiri, tetapi sejarah di baliknya yang membuat Mona Lisa  begitu istimewa. Pada masa ketika sebagian besar seni diciptakan untuk orang lain untuk dihargai, Leonardo da Vinci menciptakan sesuatu yang hanya untuk dirinya sendiri.

Meskipun jinak pada kami, gaya yang dia lukiskan Mona Lisa adalah skandal untuk waktunya dan jika ada sesuatu yang lebih dicintai selain misteri, itu adalah skandal. 

Updated: July 17, 2018 — 4:18 am
Informasi Terkini © 2018 Kontak Disclaimer Frontier Theme